Home / Aktivitas / 620 Anak Tangga Menuju Keindahan Kawah Galunggung

620 Anak Tangga Menuju Keindahan Kawah Galunggung

tangga-menuju-kawahJelajah Nusa – Gunung Galunggung yang terletak di Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya, merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut. Hanya berjarak sekira 17 km dari pusat kota Tasikmalaya.  Terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain objek wanawisata dan adventure, dengan areal seluas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Tasikmalaya.

Sampai sekarang gunung berapi ini masih aktif namun masih tetap aman untuk dikunjungi dan menikmati keindahan panorama alam Gunung Galunggung terutama kawahnya. Kawah Galunggung terbentuk setelah letusan di tahun 1982. Kawah yang dulu memuntahkan lahar panas, pasir, dan bebatuan, kini telah berubah menjadi semacam danau luas yang terlihat berwarna hijau nan cantik dikelilingi hutan rindang.

Untuk menggapai spot terpopuler di kawasan wisata ini, pengunjung menempuh jarak sekira 2,5 km dari gerbang utama, bisa menggunakan kendaraan roda 4 atau roda 2 kecuali bis besar. Setelah tiba di titik parkir atas, dilanjutkan dengan menaiki tangga setinggi 315 meter dengan jumlah anak tangga sebanyak 620 buah.

Objek lainnya berupa pemandian air panas lengkap yang tak jauh dari gerbang utama. Fasilitasnya ada kolam renang, kamar mandi, bak rendam air panas untuk terapi kesehatan, dan area kemah bagi yang ingin bermalam di Galunggung. Selain dari objek wisata, kawasan Gunung Galunggung mempunyai Hutan Montane 1.200 – 1.500 meter dan Hutan Ericaceous lebih dari 1.500 meter.

Di kawasan berhawa sejuk inipun, setiap April diadakan festival “Memory of Galunggung”. Festival tersebut digelar dalam rangka memperingati meletusnya Gunung Galunggung yang terjadi di April 1982. Berbagai suguhan atraksi budaya pun mewarnai festival ini, mulai dari pagelaran seni tradisional, permainan anak tradisional, pameran produk lokal, gerak jalan, sampai kegiatan adventure offroad, gantole, dan sepeda gunung. (IG)

Check Also

Mengenal Batik Tulis Yogyakarta

JELAJAH NUSA – Sejak dinobatkan sebagai kota batik dunia, batik tulis Yogyakarta telah berkembang pesat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id