Friday , October 20 2017
Home / Trips Idea / 5 Kuliner Indonesia Mendunia

5 Kuliner Indonesia Mendunia

Rendang (Foto: Ist)
Rendang (Foto: Ist)

Jelajah Nusa – Keanekaragaman suku bangsa di Indonesia membawa berkah tersendiri dengan melahirkan kekayaan kuliner yang melimpah dan menggugah selera. Kini, seiring perkembangan zaman dan teknologi informasi, banyak makanan khas Indonesia yang mulai unjuk gigi di kancah dunia. Berikut ini, Jelajah Nusa akan merangkum lima kuliner asal Indonesia yang sudah mendunia diambil dari berbagai sumber seperti CNN, ranker, allvoice, dan tahupedia.com.

Rendang

Kuliner asal Minangkabau ini, merupakan masakan berbahan daging sapi yang diolah bersama santan kelapa dicampur berbagai bumbu dan rempah-rempah dengan cita rasa pedas yang menjadi ciri khasnya. Proses memasaknya pun memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

 Dulu di tempat asalnya, rendang hanya disajikan pada acara-acara spesial atau untuk menjamu tamu besar. Tapi kini, rendang menjadi menu yang dikatakan wajib saat Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, sampai ke acara syukuran kelahiran, pernikahan, dan lainnya.

Seiring banyaknya bermunculan restoran-restoran Indonesia di berbagai belahan dunia, rendang pun ikut tersebar dan populer karena menjadi menu andalan. Bahkan tahun 2011, rendang dinobatkan menjadi makanan terlezat sedunia versi CNN Internasional yang didasari hasil survei 35.000 orang di Facebook.

Nasi Goreng

Nasi goreng yang menjadi makanan populer dan diakui sebagai makanan nasional Indonesia, walaupun di seluruh dunia ada berbagai macam versi nasi goreng dan dikatakan kalau asal muasalnya dari China. Konon, dibawa bangsa China yang berdagang ke Indonesia pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Menurut catatan sejarah, nasi sudah mulai ada sejak 4000 SM dan menjadi bagian terpenting dari masakan tradisional bangsa China. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa para perantau China yang menetap. Kemudian menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. Kemunculannya dilatarbelakangi beberapa sifat dalam kebudayaan China yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan kebiasaan membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.

Kini, kuliner yang satu ini sudah banyak dikenal di belahan dunia. Tahun 2011, polling dari CNN Internasional yang melibatkan 35.000 orang pun memilih nasi goreng sebagai makanan terlezat di dunia yang kedua setelah Rendang.

Ada berbagai macam resep nasi goreng tapi unsur utamanya adalah nasi, minyak goreng, kecap manis. Selain itu banyak tambahan lain yang dapat dimasukkan, mulai dari sayuran, daging, sampai sambal, saos, kerupuk dan telur goreng. Beberapa hal pelengkap tambahan itulah yang membedakan nasi goreng Indonesia dengan nasi goreng dari negara lainnya, seperti penggunaan kecap manis yang lebih banyak, rasanya lebih pedas, ditaburi bawang goreng, dan dimakan dengan kerupuk.

Bakso

Kini bakso semakin populer dan mulai terkenal di dunia, terutama saat Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama mengatakan kalau bakso adalah makanan favoritnya sewaktu berkunjung ke Jakarta. Banyak sumber sejarah yang mencatat jika kuah dan mie yang biasa dicampur dengan bakso dibawa Bangsa China. Sementara bulatan baksonya sendiri hasil dari serapan kuliner bangsa Belanda saat dulu menduduki wilayah Indonesia.

Lazimnya bakso yang ditemukan pada masakan Indonesia, berupa bola daging yang terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga yang berbahan daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mie, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng serta seledri.

 Soto

Soto pada umumnya merupakan campuran kuah kaldu, sayuran, dan daging. Soto menjadi makanan Indonesia yang mendunia setelah dibawa para imigran dari Jawa ke Suriname. Faktanya, soto mempunyai ciri khas tersendiri setiap daerah di Indonesia.

Berdasarkan daerah asalnya, variasi sotonya antara lain Soto Ambon, Soto Bandung, Soto Banjar, Soto Banyumas, Soto Betawi, Soto Kediri, Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Madura, Soto Makasar, Soto Medan, Soto Padang, Soto Pekalongan, Soto Semarang, dan Soto Tegal.

Tempe

Kuliner yang terbuat dari olahan kacang kedelai ini, menurut sejarawan Ong Hok Ham, tempe ditemukan ketika secara tidak sengaja tumbuh sejenis jamur putih pada residu pembuatan tahu dan ternyata bisa dimakan. Kini, tempe menjadi kuliner Indonesia yang mendunia terutama di kalangan vegetarian. Banyak ditemui di hampir setiap negara, terutama di toko-toko makanan sehat (Whole Foods), Sunflower Market atau  Walmart.

Dalam perkembangannya, tempe pun banyak dijadikan sebagai pengganti daging, terutama kaum vegetarian di seluruh dunia. Makanya, tempe sekarang telah banyak diproduksi di berbagai tempat di dunia, tidak hanya di Indonesia. Bahkan, tempe menjadi objek berbagai penelitian di sejumlah negara, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat. (IG)

Check Also

Yachter Dunia Terpesona Keindahan Belitong

JELAJAH NUSA –  Ibarat mesin diesel, makin lama makin mantap. Makin oke. Makin kinclong. Itulah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id